Image

TELKOMSEL GPRS

Untuk koneksi internet di rumah, alternative yang dapat digunakan adalah koneksi GPRS melalui paket data dari GSM provider Telkomsel. Biaya layanan GPRS dari Telkomsel adalah Rp 1/kb. Dengan bermodalkan kartu GSM AS, saya mencoba koneksinya dengan menggunakan Nokia 6080. Aktivasi dilakukan dengan mengirim SMS yang berisi tulisan FLASH ke nomor 3636. Beberapa waktu kemudian akan ada notifikasi SMS bahwa sudah terdaftar untuk layanan FLASH. Langkah berikutnya adalah memastikan bahwa koneksi GPRS melalui handphone berjalan dengan lancar. Web Browser diarahkan ke google.co.id dan semuanya berjalan dengan lancar.

Dalam menggunakan koneksi GPRS, yang harus dilakukan pertama kali adalah memastikan dahulu GPRS yang berada di handphone berfungsi dengan baik. Untuk aktifasi GPRS kita bisa meminta bantuan operator atau mencari di internet mengenai manual seting GPRS. Setelah itu install Nokia PC Suite yang bisa didownload di website resmi nokia yaitu Nokia.Com. Nokia PC Suite berfungsi untuk alat bantu untuk mengkoneksikan handphone ke komputer. Karena dengan Nokia PC Suite kita bisa menjadikan handphone yang awalnya hanya berfungsi untuk SMS dan telepon saja ternyata ada kelebihan yang bisa di dapatkan yaitu menggunakannya sebagai Modem GSM.

Caranya, handphone dihubungkan ke komputer dengan bantuan kabel data. Kemudian nyalakan Nokia PC Suite untuk memulai sinkronisasi handphone ke komputer. Berikutnya adalah klik hubungkan ke internet untuk memulai tahapan dalam mengkoneksikan GPRS, setelah itu akan muncul windows baru yang dinamakan dengan One Touch Access yang merupakan sebagai kontrol panel koneksi, di sini kita bisa menghubungkan atau memutuskan koneksi. Setelah itu klik pengaturan untuk mengatur koneksi. Pilih tipe handphonenya kemudian klik berikutnya, kemudian beri tanda di bagian Konfigurasi Sambungan Secara Manual setelah itu klik berikutnya untuk melanjutkan, selanjutnya akan ada kolom isian. Di sini kita akan memasukan Titik Akses, Nama Pengguna, Kode Sandi, karena yang digunakan adalah koneksi GPRS maka akan kita masukkan setting GPRSnya. Untuk Titik Akses masukan *99***1#, Untuk nama pengguna masukkan TSEL-GPRS, sedangkan untuk kode sandi anda masukkan Telkomsel Flash . Kemudian klik sambungkan untuk menyambungkan koneksi ke internet.

Sekarang komputer telah terhubung ke internet. Dalam menggunakan koneksi menggunakan akses GPRS sangat memakan biaya yang sangat besar, maka sebaiknya berlangganan paket data dan dibayar koneksinya per bulan, jadi pemakaian GPRS anda tidak bentrok dengan pulsa yang dimiliki sehari-hari.

Koneksi FLASH dengan telkomsel.com menjadi panduan utama dalam mencari informasi tersebut. Koneksi harus menggunakan Nokia PC Suite karena dengan Nokia PC Suite kita bisa mengeset APN/titik aksesnya.Konfigurasinya cukup mudah, kita tinggal mengisi kolom TITIK AKSES dengan tulisan flash lalu kosongkan pada bagian NAMA PENGGUNA dan KODE SANDI dan anda tinggal menyambungkannya dengan internet.

Ketika akan mengakses internet diberikan pilihan akan menggunakan pembayaran per menit atau dengan menggunakan voucher. Ketika koneksi internet aktif, pada browser akan terlihat berapa lama koneksi tersebut tersambung, sangat inovatif dan berguna jika ingin mengontrol pemakaian pulsa tanpa harus memakai aplikasi tambahan yang mengukur berapa lama online. Sewaktu koneksi diputus, muncul tampilan berapa lama anda memakai koneksi FLASH ada SMS yang memberitahukan pemakaian internet yang meskipun lebih mahal dibandingkan warnet, tetapi koneksinya benar-benar cepat.

Koneksi internet di rumah yang saya gunakan yaitu Telkomsel Flash. Untuk dapat terkoneksi ke internet dengan menggunakan Telkomsel Flash cukup mudah. Kita membutuhkan sebuah handphone yang telah mendukung GPRS dan memiliki salah-satu dari ketiga jenis konektor, yaitu, InfraRed, Bluetooth atau kabel data, yang akan digunakan untuk menghubungkan handphone dan komputer.

Cara setting internet dengan Telkomsel Flash sebagai berikut:

1. Pastikan setting GPRS di handphone telah terinstall dengan benar. Untuk beberapa jenis handphone biasanya telah tersedia didalamnya.

2. Untuk membeli paket Flash, ketik: FLASH ON (nominal). Kirim ke 3636. Contoh: FLASH ON 5000 kirim ke 3636. Selanjutnya akan dikirimi SMS konfirmasi dari 3636 dengan format akan membeli paket Flash sebesar 5000 untuk 5000 Ketik FLASH YA kirim ke 3636.

3. Setelah menerima SMS yang menyatakan bahwa pembelian paket Flash sukses, hubungkan handphone ke komputer melalui InfraRed, Bluetooth atau kabel data, dan ikuti langkah-langkah yang diberikan di layar komputer hingga finish. Pastikan proses ini berjalan sukses.

4. Langkah selanjutnya, klik Start > Control Panel > Phone and Modem Options.

a) Klik “Modem” pada tab bagian atas.
b) Pilih modem yang telah terinstall dan klik “Properties”
c) Pilih tab “Diagnostics” pada bagian atas.
d) Tekan tombol “Query Modem”. Tunggu hingga selesai.
e) Klik tab “Advanced” pada bagian atas
f) Masukkan Extra Settings yaitu (at+cgdcont=1,”IP”,”internet”)
g) Tekan OK dan kembali ke modus siaga.

5. Klik Start > Control Panel > Network Connections

a) Klik “Create a New Connection” pada menu Network Tasks
b) Next
c) Beri tanda centang pada “Connect to the internet”
d) Next
e) Beri tanda centang pada “Set up my connection manually”
f) Next
g) Beri tanda centang lagi pada “Connect using a dial up modem”
h) Next
i) Masukkan ISP Name, yaitu “TelkomselFlash”
j) Next
k) Masukkan phone number *99***1#
l) Next
m) Kosongkan Username dan Password dan tekan Next
n) Beri tanda centang pada “Add a shortcut to this connection to my desktop”
o) Tekan Finish, selesai.

6. Langkah selanjutnya adalah mencoba apakah langkah yang  diikuti dapat berjalan dengan semestinya. Buka koneksi yang baru dbuati tadi dengan nama “TelkomselFlash” dan tekan “Dial” jika Anda berhasil terhubung dengan internet, biasanya akan muncul ikon desktop pada bagian taskbar disebelah kanan bawah desktop komputer.

Langkah diatas adalah setting internet dengan TelkomselFlash dimana biaya koneksinya dihitung per volume. Jika ingin menggunakannya per Time Based, klik Start > Control Panel > Phone and Modem Options > Modem > Pilih Modem > Properties > Advanced. Masukkan (at+cgdcont=1,”IP”,”flash”) pada Extra Settings, dan tekan OK.

Koneksi Telkomsel Flash  tidak secepat seperti yang dipromosikan. Jika ingin mendapatkan koneksi yang baik, maka beberapa tips yang dapat dilakukan adalah:

1. Lokasi termasuk dalam coverage area 3G atau GPRS yang stabil.

2. Ubah setting modem menjadi 3G Only, atau memilih opsi GPRS Only.

3. Mengurangi frekuensi opsi 3G Preferred atau GPRS Preferred karena akan memaksa modem berganti – ganti tipe koneksi. Hal inilah yang membuat koneksi rentan putus.

4.  Penggunaan APN silih berganti pun cukup efektif untuk mempercepat koneksi. Untuk paket Telkomsel Flash Unlimited disediakan dua buah APN : telkomsel dan internet. Usahakan ganti APN anda apabila dirasakan koneksi saat ini sedang drop.

5. Menggunakan bantuan proxy

    Penggunaan public open proxy memang tidak disarankan karena mengandung kerawanan dari sisi security pencurian data dan penularan virus. Namun bila terpaksa menggunakan open proxy, gunakan secara berhati – hati dan usahakan tidak melakukan hal – hal yang mengandung data pribadi seperti login email, memasukan data kartu kredit, berbelanja online, dan sebagainya.

FLEXI COMBO

Selain Telkomsel Flash, alternative lain adalah modem Flexi Combo di rumah. Berselancar bebas di dunia maya, mengakses internet bersama Flexi tanpa batas,  hal ini bisa dilakukan dengan  FlexiNet Unlimited yang merupakan layanan akses data Flexi bagi pelanggan Flexi pra bayar (Trendy) dan pelanggan Flexi paska bayar (Classy) melalui jaringan Telkom Flexi dengan penawaran tarif khusus berlangganan secara harian, mingguan dan bulanan dengan cara melakukan registrasi terlebih dahulu. Flexi meluncurkan paket internet combo unlimited dengan tarifnya Rp 2500/hari (harian) dan Rp 15.000 (mingguan) untuk pra-bayar. Untuk tarif pasca bayar lebih murah, yaitu pasca bayar Classy tarifnya Rp 2.250 per hari dan Rp 13.500 per minggu. Untuk berlangganan caranya sangat mudah, kita memilih salah satu cara berlangganan, harian atau mingguan. Untuk harian caranya ketik “reg harian” atau untuk mingguan ketik “reg mingguan” kemudian kirim ke 2255. Nanti akan ada pemberitahuan jika layanan flexinet sudah aktif dan kita akan di kirimkan username dan password untuk koneksi Dial Up Telkom Flexi. Layanan ini akan diperpanjang secara otomatis ketika masa berlakunya telah habis, dan untuk berhenti berlangganan kita tinggal sms dengan mengetik “STOP” kemudian kirim ke 2255.

Benefit yang dapat dinikmati

  • Memperoleh layanan akses data unlimited dengan harga terjangkau. Memberikan kemudahan b
  • Bagi pelanggan untuk memilih layanan akses data sesuai dengan kebutuhan baik Harian,  Mingguan maupun Bulanan.
    • Kecepatan akses up to 153 Kbps (single speed)

Syarat dan Ketentuan

  • Untuk nomor Classy yang masih aktif dan tidak memiliki tunggakan pembayaran.
  • Untuk pelanggan Trendy tidak dalam masa grace/ masa tenggang (Pelanggan tidak dapat melakukan registrasi, STOP, LIST maupun akses internet dalam masa grace)
  • Minimal saldo bagi Pelanggan Trendy untuk dapat mengakses FlexiNet Unlimited adalah Rp 100,-. Sehingga jumlah keseluruhan minimal pulsa yang diperlukan oleh Pelanggan untuk mengikuti Program ini adalah:

 

Paket Harian

Paket Mingguan

Paket Bulanan

Jumlah Saldo yang diperlukan pelanggan

Rp. 2.600,-

Rp. 15.100,-

Rp. 50.100,-

Tarif Paket

Rp. 2.500,-

Rp. 15.000,-

Rp. 50.000,-

Minimal saldo untuk akses internet

Rp. 100,-

Rp. 100,-

Rp.100,-

 

 

 

Paket Triwulan

Paket Semesteran

Paket Tahunan

Paket Sekolahan

Jumlah Saldo yang diperlukan pelanggan

Rp. 137.000,-

Rp. 257.000,-

Rp. 452.000,-

Rp. 37.000,-

Tarif Paket

Rp. 135.000,-

Rp. 255.000,-

Rp. 450.000,-

Rp. 35.000,-

Minimal saldo untuk akses internet

Rp. 2.000,-

Rp. 2.000,-

Rp. 2.000,-

Rp. 2.000,-

 

  • Pelanggan harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mengikuti Program ini.
  • Setiap nomor hanya dapat berlangganan 1 jenis paket layanan FlexiNet Unlimited.

Pricing dan charging FlexiNet Unlimited

  • Tarif Program FlexiNet Unlimited ini sesuai dengan paket yang dipilih pelanggan.

No

Paket

Tarif

Masa berlaku

1

Harian

   
 

– Trendy

Rp. 2.500 / hari (incl. PPN)

24 jam

 

– Classy

Rp. 2.250 / hari (excl. PPN)

24 jam

2

Mingguan

   
 

– Trendy

Rp. 15.000 / minggu (incl. PPN)

7 x 24 jam

 

– Classy

Rp. 13.500 / minggu (excl. PPN)

7 x 24 jam

3

Bulanan

   
 

– Trendy

Rp. 50.000 / bulan (incl. PPN)

30 x 24 jam

 

– Classy

Rp. 45.000 / bulan (excl. PPN)

30 x 24 jam

4

Triwulan

   
 

– Trendy

Rp. 135.000 / 3 Bulan (incl. PPN)

90 x 24 jam

 

– Classy

Rp. 121.500 / 3 Bulan (excl. PPN)

90 x 24 jam

5

Semesteran

   
 

– Trendy

Rp. 255.000 / 6 Bulan (incl. PPN)

180 x 24 jam

 

– Classy

Rp. 229.500 / 6 Bulan (excl. PPN)

180 x 24 jam

6

Tahunan

   
 

– Trendy

Rp. 450.000 / 12 bulan (incl. PPN)

365 x 24 jam

 

– Classy

Rp. 405.000 / 12 bulan (excl. PPN)

365 x 24 jam

7

Sekolahan

   
 

– Trendy

Rp. 35.000 / bulan (incl. PPN)

30 x 24 jam

 

– Classy

Rp. 31.500 / bulan (excl. PPN)

30 x 24 jam

 

Setiap nomor dapat berpindah paket setelah melakukan proses STOP terlebih dahulu dari layanan PDN sebelumnya.

  • Tarif SMS ke 2255 untuk Registrasi, STOP dan LIST : free of charge

Cara mengikuti Program FlexiNet Unlimited

1.    Registrasi

o  Untuk dapat menggunakan Program FlexiNet Unlimited ini, pelanggan terlebih dahulu harus melakukan registrasi via SMS ke 2255.

o   Pelanggan dapat melakukan registrasi sesuai dengan paket yang dipilih (Harian, Mingguan dan Bulanan).

o   Setiap melakukan registrasi, pelanggan akan memperoleh username dan password unik, sesaat setelah berhasil register (ditandai dengan notifikasi keberhasilan).

§ Paket Harian Kirim : Reg<spasi>harian

§ Paket Mingguan Kirim : Reg<spasi>mingguan

§ Paket Bulanan Kirim : Reg<spasi>bulanan

§ Paket Triwulan Kirim : Reg<spasi>triwulan

§ Paket Semesteran Kirim : Reg<spasi>semesteran

§ Paket Tahunan Kirim : Reg<spasi>tahunan

§ Paket Sekolahan Kirim : Reg<spasi>sekolahan

  • Untuk Reg Harian kini lebih mudah dengan tekan *2255# dari handset atau dari modem langsung.

2.  Perpanjangan
Setiap nomor yang berlangganan akan dilakukan perpanjangan secara otomatis sesuai dengan paket layanan yang dipilih.
Untuk pelanggan Flexi Trendy akan mendapatkan notifikasi sms jika pulsa tidak mencukupi .

3.  Pengecekan berlangganan
Untuk mengetahui masih/ tidak nomor Flexi berlangganan FlexiNet dengan cara mengirimkan sms ke 2255. Kirim : LIST

4.  Berhenti berlangganan
Untuk berhenti berlangganan, pelanggan cukup mengirimkan sms ke 2255. Kirim : STOP

Catatan :

  • Setelah pelanggan melakukan proses STOP dan memperoleh notifikasi keberhasilan berhenti berlangganan dari salah satu paket, pada saat itu juga pelanggan langsung dapat melakukan registrasi untuk berganti paket yang lain.
  • Khusus bagi pelanggan yang melakukan STOP sebelum masa berlaku Paket habis (tidak ingin memperpanjang), akan mendapatkan jeda waktu untuk akses internet maksimal 1 jam dari saat pelanggan melakukan STOP sampai dengan benar-benar STOP di sistem.

Setelah sukses melakukan registrasi via SMS, pelanggan akan mendapatkan username dan password unik untuk dapat memulai koneksi melalui FlexiNet Unlimited.

Cara Login & Dial Up Number adalah dengan menggunakan username dan password sesuai dengan SMS balasan yang diterima pelanggan pada saat registrasi.

Password: telkom
Dial: #777
Username: xxxxxxxx@free

Referensi:

Shelly, Gary.B. 2010.Discovering Computer 2011. Boston: Course Technology Cengage Learning.

http://www.telkomflexi.com/index.php/promo/flexinet-unlimited.html

http://14n.org/aktivasi-gprs-mms-telkomsel/